-->

Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS

Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Hallo sahabat Gurusdku.Id Salam PPK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS , mudah-mudahan isi postingan Artikel Download, Artikel Kurikulum 2013 Baru, bisa bermanfaat bagi proses pembelajaran di sekolah bapak dan ibu gurusdku.

Judul : Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS
link : Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2015 Tentang Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah oleh Kemdikbud, Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah disingkat GPKDS. GPKDS adalah kegiatan pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah yang dimulai sejak dari masa orientasi siswa baru sampai dengan tamat pendidikannya di sekolah.

Tujuan Penumbuhan Budi Pekerti
  • Menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan bagi warga sekolah
  • Menumbuhkembangkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter sejak di sekolah.
  • Menjadikan pendidikan sebagai gerakan yang melibatkan pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, dan keluarga.
  • Menumbuhkembangkan lingkungan dan budaya belajar yang serasi antara sekolah, masyarakat, dan keluarga.
Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS

Salah satu Contoh

MOPDB=Masa Orientasi Peserta Didik Baru
  1. MOPDB dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran baru selama 3 (tiga) atau paling lama 5 (lima) hari.
  2. MOPDB dilaksanakan melalui Gerakan Mengantar Anak ke Sekolah pada hari pertama masuk sekolah oleh orangtua/wali
  3. Pengenalan lingkungan belajar baru di sekolah bagi siswa
  4. Pengenalan kelembagaan dan program sekolah
  5. Pengenalan cara belajar yang efektif baik di sekolah maupun di rumah
  6. Pengenalan sesama warga sekolah secara egaliter, akrab, hangat, dan menyenangkan
  7. Pentas Seni, Bakat Minat, dan/atau Olahraga di Sekolah
Kegiatan hari kedua dan ketiga
Kegiatan dilaksanakan melalui kegiatan pengenalan program sekolah, lingkungan, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri peserta didik, dan kepramukaan sebagai pembinaan awal kearah terbentuknya kultur sekolah yang kondusif bagi proses pembelajaran lebih lanjut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.




Demikianlah Artikel Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS

Sekianlah artikel Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Panduan Gerakan Pembudayaan Karakter di Sekolah/GPKDS dengan alamat link https://silabusgtk.blogspot.com/2016/01/panduan-gerakan-pembudayaan-karakter-di_1.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel