Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
3 January 2016
Edit
Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013 - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Hallo sahabat Gurusdku.Id Salam PPK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013, mudah-mudahan isi postingan
Artikel Guru,
Artikel Kurikulum 2013 Baru, bisa bermanfaat bagi proses pembelajaran di sekolah bapak dan ibu gurusdku.
Judul : Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
link : Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
Anda sekarang membaca artikel Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013 dengan alamat link https://silabusgtk.blogspot.com/2016/01/pembelajaran-tematik-terpadu-di-sekolah_3.html
Judul : Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
link : Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
Pada Revisi Kurikulum 2013 Baru pola pendekatan saintifik tak mengalami perubahan yang mendasar hanya saja saat ini kita akan bahas masalah proses Pembelajaran Tematik Terpadu, Keterpaduan Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan
Contoh :
Buku Siswa Kelas VI Tema 1 Subtema 1 halaman 10
Pada kegiatan ini,
sikap yang ditumbuhkan adalah : rasa ingin tahu, kemandirian, kecermatan dan ketelitian
Pengetahuan : bagian-bagian bunga dan cara penyerbukan tanaman.
Keterampilan : Keterampilan mengamati dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
Kegiatan ini memadukan kompetensi IPA tentang cara perkembangbiakan tanaman jagung dan Bahasa Indonesia tentang teks investigasi.
Problem Base Learning
Menemukan Masalah
Menyelesaikan masalah
Dilakukan secara individu maupun kelompok
Discovery Learning
Bruner mementingkan partisipasi aktif dari tiap peserta didik, Mengenal dengan baik adanya perbedaan kemampuan. Melakukan penemuan-penemuan baru dalam bereksplorasi di sekitar lingkungannya
Project Base Learning
Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat projek sebagai tagihannya dalam setiap akhir tema/subtema Pembelajaran kolaboratif dilakukan secara berkelompok. Tagihan produk secara kelompok namun penilaiannya
Pembelajaran Berbasis Masalah
1. Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
Tema 1 (Perkembangan Hewan dan Tumbuhan) Subtema 1 (Perkembangbiakan dan daur hidup hewan) Pembelajaran 1
1. Mengorientasi peserta didik kepada masalah
Peserta didik mencari tahu berbagai tumbuhan yang ada di sekitarnya (mengamati)
Peserta didik tanya jawab tentang masalah yang muncul (menanya)
Peserta didik mengamati berbagai permasalahan yang berhubungan dengan perkembangbiakan tanaman jagung (mengamati) Peserta didik melakukan tanya jawab tentang makanan pokok orang madura, mengapa sebagian besar jagung? (menanya) Peserta didik tanya jawab tentang masalah yang muncul dari hasil pengamatan (menanya)
Mengorganisasikan peserta didik untuk mendefinisikan masalah hal terpenting lakukan,membentuk kelompok untuk mengerjakan LK secara berpasangan saling bertanya jawab sesuai tugas di atas. (mengumpulkan informasi)
Contoh :
Buku Siswa Kelas VI Tema 1 Subtema 1 halaman 10
Pada kegiatan ini,
sikap yang ditumbuhkan adalah : rasa ingin tahu, kemandirian, kecermatan dan ketelitian
Pengetahuan : bagian-bagian bunga dan cara penyerbukan tanaman.
Keterampilan : Keterampilan mengamati dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan.
Kegiatan ini memadukan kompetensi IPA tentang cara perkembangbiakan tanaman jagung dan Bahasa Indonesia tentang teks investigasi.
Problem Base Learning
Menemukan Masalah
Menyelesaikan masalah
Dilakukan secara individu maupun kelompok
Discovery Learning
Bruner mementingkan partisipasi aktif dari tiap peserta didik, Mengenal dengan baik adanya perbedaan kemampuan. Melakukan penemuan-penemuan baru dalam bereksplorasi di sekitar lingkungannya
Project Base Learning
Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat projek sebagai tagihannya dalam setiap akhir tema/subtema Pembelajaran kolaboratif dilakukan secara berkelompok. Tagihan produk secara kelompok namun penilaiannya
Pembelajaran Berbasis Masalah
1. Mengorientasikan peserta didik terhadap masalah
2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar
3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
Tema 1 (Perkembangan Hewan dan Tumbuhan) Subtema 1 (Perkembangbiakan dan daur hidup hewan) Pembelajaran 1
1. Mengorientasi peserta didik kepada masalah
Peserta didik mencari tahu berbagai tumbuhan yang ada di sekitarnya (mengamati)
Peserta didik tanya jawab tentang masalah yang muncul (menanya)
Peserta didik mengamati berbagai permasalahan yang berhubungan dengan perkembangbiakan tanaman jagung (mengamati) Peserta didik melakukan tanya jawab tentang makanan pokok orang madura, mengapa sebagian besar jagung? (menanya) Peserta didik tanya jawab tentang masalah yang muncul dari hasil pengamatan (menanya)
Mengorganisasikan peserta didik untuk mendefinisikan masalah hal terpenting lakukan,membentuk kelompok untuk mengerjakan LK secara berpasangan saling bertanya jawab sesuai tugas di atas. (mengumpulkan informasi)
Demikianlah Artikel Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013
Sekianlah artikel Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Revisi Kurikulum 2013 dengan alamat link https://silabusgtk.blogspot.com/2016/01/pembelajaran-tematik-terpadu-di-sekolah_3.html