-->

Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6)

Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6) - Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Hallo sahabat Gurusdku.Id Salam PPK, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6), mudah-mudahan isi postingan Artikel (Pedagogik 2.2.6), Artikel 2015, Artikel Kisi-Kisi, Artikel MTs, Artikel Pembahasan, Artikel PPKn, Artikel Smp, Artikel ukg, bisa bermanfaat bagi proses pembelajaran di sekolah bapak dan ibu gurusdku.

Judul : Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6)
link : Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6)
PEMBAHASAN KISI-KISI 
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS


KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK


Kompetensi Inti
2. Mengua sai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mapel
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
2.2.6. Menerapkan model pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn.

Model Pembelajaran PPKn

Dengan memahami ketiga proses (caring, judging, dan acting) akan membantu pemahaman umum kita tentang perspektif masing-masing model pendidikan moral. Model-model pembelajaran moral tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Rasional building. Model pendekatan rasional memberikan perkembangan intelektual, di balik program kurikulum dalam menganalisis isu-isu masyarakat.
  2. Consideration, yaitu memasukkan tiga bagian urutan proses materi yang disampaikan
  3. Value Clarification. Model pengungkapan nilai untuk mengetahui secara mendalam sikap dan niali siswa.
  4. Value Analysis. Model analisis nilai merupakan sebuah prosedur sistimatik dalam konflik nilai.
  5. Cognitive Moral Development. Model pengembangan kognitif membentuk dasar dalam pengembangan moral
  6. Social Action, yang merefleksikan teori dan praktek tentang program-program pendidikan yang berorientasi pada masyarakat yang ditujukan pada upaya membentuk keefektifan warga Negara.
Keenam model ini dalam banyak hal memiliki hubungan yang kuat dengan ke delapan pendekatan sebagaimana diutarakan Doglas Superka (dalam Martorella, 1996). Itu berarti bahwa keduanya, baik pendekatan maupun model dapat menjadi dasar bagi strategi pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.

Secara khusus pembelajaran PPKn mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn. Berikut disajikan beberapa model pembelajaran yang dirumuskan dalam kegiatan Penyusunan Buku Panduan Guru Mata Pelajaran PPKn yang diadakan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, tersebut adalah :

Alternatif Model Pembelajaran PPKn

No
Model
Deskripsi
Sasaran Efektif
1
 Pembiasaan
Penugasan dan pemantauan pelaksanaan sikap dan/atau perilaku kewargaan (sekolah/masyarakat/negara) yang baik oleh peserta didik.
 Sikap, keterampilan
2
 Keteladanan
Penampilan sikap dan/atau prilaku kewargaan (sekolah/masyarakat/warga negara) yang baik dari seluruh unsur managemen sekolah dan guru
 Sikap, keterampilan
3
Pensuasanaan Lingkungan
Penataan lingkungan kelas/sekolah dengan kelengkapan simbol-simbol kemasyarakatan/kenegaraan, antara lain Bendera Merah Putih, Garuda Pancasila, Foto Presiden dan Wakil Presiden
 Sikap, keterampilan.
4
Bekerja dalam Kelompok
Dengan penugasan guru, peserta didik mengerjakan tugas tertentu terkait hak dan kewajiban sebagai warga sekolah/ masyarakat/negara dalam kelompok kecil (3–5orang)
 Sikap, keterampilan.
5
Mendengarkan Penuh Perhatian
Peserta didik secara bersama diminta menyimak rekaman pidato atau penjelasan seseorang, dan mencatat pokok-pokok pikiran dari pembicara
Sikap, pengetahuan dan keterampilan.
6



7



8



9



10



1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Pemilihan model pembelajaran hendaknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
  1. Karakteristik materi pokok pembelajaran, apakah materi itu termasuk ranah sikap, pengetahuan atau ketrampilan.
  2. Karakteristik kemampuan peserta didik misalnya kemampuan membaca, motivasi dalam belajar, kemampuan dalam penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  3. Sumber belajar dan media pembelajaran yang tersedia.
  4. Sarana dan prasarana yang tersedia seperti kondisi ruang kelas, fasilitas perpustakaan, akses internet.
Berdasarkan model-model pembelajaran yang di sajikan diatas maka alternatif pemilihan model pembelajaran berdasarkan ranah kompetensinya.






Download



Demikianlah Artikel Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6)

Sekianlah artikel Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6) dengan alamat link https://silabusgtk.blogspot.com/2015/11/pembahasan-kisi-kisi-ukg-2015-ppkn_40.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel